Kamis, 11 April 2013

Trend Positif Kenaikan PKS, Pasca LHI


Oleh: Nasrulloh Mu | Kompasiana
Apa yang terjadi setelah LHI ditangkap ? Penulis mencoba melakukan beberapa kompilasi berita.

Pertama, membandingkan kader PKS yang menjadi Kepala Daerah, antara pilkada sebelumnya dengan pilkada saat ini dengan rentang waktu yang sama. Yaitu, rentang waktu sejak LHI ditangkap hingga hari ini.

Kedua, membandingkan hasil survei dari lembaga pemilu sebelum LHI ditangkap dengan setelah ditangkap

Ketiga, membandingkan perolehan suara PKS di daerah tertentu pada pemilu 2009, dengan dengan hasil survei sebuah lembaga survei di daerah tersebut pada Maret 2013.

Kompilasi ini memang belum tentu menentukan hasil realita di masyarakat yang sebenarnya, namun bisa menunjukan ada trend positif paska ditangkapnya LHI.

Faktanya :
Pertama, Dalam rentang waktu Februari - April 2008. PKS hanya berhasil menempatkan kadernya menjadi kepala daerah di Jawa Barat, Sumatera Utara.

Di Februari - April 2013, PKS berhasil menempatkan kadernya menjadi kepala daerah di Jawa Barat, Sumatera Utara, Kota Sukabumi, Kab Sungai Hulu Selatan-Kalsel dan Kab. Seruyan-Kalteng.

Ini menunjukan bahwa PKS pasca LHI ditangkap berhasil mempertahankan posisinya dan berhasil merebut kepala daerah yang baru. Bahkan di kota Sukabumi, PKS berhasil menggeser incumbent dan di Kab. Seruyan berhasil menggeser calon dari anaknya incumbent.

Kedua, hasil survei Lembaga Survei Nasional (LSN) per maret 2013, PKS diperdiksi bisa meraih 4,6 persen suara. Padahal sebelumnya LSI memprediksi suara PKS hanya 3-2 persen suara.

Ketiga, hasil pemilu 2009 Jawa Tengah. Perolehan suara PKS sebesar 7,88 persen dengan menduduki posisi ke 4. Namun dari hasil survei Media Survei Nasional (Median) di Maret 2013 diprediksi suara PKS menduduki posisi ke 3 dengan perolehan suara 10,4 persen.

Dari ketiga fakta ini, dapat disimpulkan bahwa PKS justru semakin menunjukan gelombang kenaikan. Dan PKS, bisa mengelola semua isu yang menerpa dirinya.


* http://politik.kompasiana.com/2013/04/11/trend-positif-pks-pasca-lhi-545179.html

0 komentar:

Posting Komentar